Senin, 08 Juli 2019

Alexandre Christie : 5 Jenis Tali Jam Tangan Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Salah satu komponen atau bagian paling penting pada  jam tangan Alexandre Christie adalah tali. Pemilihan tali sangat berpengaruh pada aktivitas atau kegiatan Anda sehari-hari. Tali jam tangan jangan dianggap enteng, karena bagian ini merupakan pengikat antara body jam dengan pergelangan tangan. Selain itu, tali jam akan sangat berpengaruh dari sisi fashion, serta pada nyaman dan tidaknya saat Anda mengenakan jam di lengan.


Jenis-jenis Tali Jam Tangan Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Berdasarkan bahan pembuatannya, secara umum kita mengenal jenis tali jam tangan yaitu: metal (stainles steel), kulit (leather), karet (rubber), canvas (canvass), keramik, dan lain sebagainya. Setiap jenis tali tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, untuk memahaminya secara lebih lanjut, simak uraian berbagai jenis tali jam tangan di bawah ini.

1. Tali Stainless Steel

Material dari stainless steel ini cukup tahan lama. Jenis tali jam tangan yang sering ditemukan pada model Alexandre Christie, jubilee, dan mesh ini cocok digunakan pada agenda formal. Namun kekurangannya adalah jika sudah tergores, maka jam tangan stainless akan terlihat kusam, dan terkadang jam tangan stainless terlalu berat, sehingga membebani tangan Anda. Selain itu, biasanya ketika sinar matahari sedang terik, tali jam tangan akan ikut panas. Hal yang sama pun berlaku saat kondisi cuaca sedang dingin.

2. Bracelet

Kata bracelet punya arti gelang. Dalam dunia per jam – tanganan  istilah bracelet dimaksud sebagai jenis tali jam tangan model rantai. Pada umumnya bracelet dari stainless steel, dan ada juga bracelet dari bahan keramik, karbon, kayu dan sebagainya. Jam tangan dengan model bracelet tidak menggunakan pengait model buckle untuk menyambungkan antara posisi bracelet kanan dan kiri. Melainkan menggunakan model jepitan (deployment clasp).

Di dalam susunan bracelet terdapat berbagai link, antara link saling berkaitan atau menyambung. Bagaimana link bisa bersambung dengan link lainnya ini disebabkan oleh pembenaman pink kedalam setiap lubang link. Di Dalam susunan link pada sebuah rangkaian bracelet terdapat end link yang mana terletak pada 4 lokasi (2 buah link difungsikan untuk menyambungkan bracelet dengan lug, dan 2 buah lagi disambungkan dengan clasp deployment).

3. Tali Jam Tangan Karet

Berlanjut ke tali jam tangan berbahan karet yang dinilai lebih kasual. Karet juga sangat tepat digunakan untuk Anda yang memiliki gaya hidup aktif. Karena bahan yang satu ini biasanya lebih ringan. Itu yang menyebabkan tali jam yang satu ini juga nyaman untuk digunakan pada kegiatan sehari-hari. Meski begitu, biasanya tali jam tangan karet tidak begitu dapat bertahan lama dibanding bahan lainnya. Namun tidak perlu ambil pusing karena bahan karet memiliki harga yang relatif terjangkau. 

4. Tali Kulit/Leather

Penggunaan kulit (leather) pada tali jam tangan memiliki beberapa kelebihan, misal tersedianya berbagai warna yang bisa disesuaikan dengan pakaian. Tetapi bahan kulit tidak cocok untuk Anda yang sering berkeringat, atau aktivitas sehari-hari sering kontak dengan air. Hal ini disebabkan karena air bisa merusak tali jam tangan yang terbuat dari kulit.

5. Nato Strap

Jam tangan dengan strap nato paling banyak dijumpai juga dengan tampilan analog dial. Jenis strap ini juga sangat direkomendasikan untuk kegiatan olahraga. Sesuai namanya nato strap diperuntukkan untuk kegiatan militer.

Nah, demikianlah beberapa jenis-jenis tali jam tangan berdasarkan bahan pembuatannya. Gunakan tali yang memang nyaman Anda gunakan dalam keadaan apapun. Jenis tali jam tangan yang sering ditemukan pada model Alexandre Christie sendiri sejauh ini paling banyak digunakan karena peminatnya pun semakin hari semakin membludak.


EmoticonEmoticon